Scroll untuk membaca artikel
Pariwisata

Totta’an Dara Sebagai Ikon Pencanangan Desa Klabang Sebagai Desa Budaya 2024

401
×

Totta’an Dara Sebagai Ikon Pencanangan Desa Klabang Sebagai Desa Budaya 2024

Sebarkan artikel ini
totta'an dara
Jajaran Dinas saat melepas merpati penanda pencanangan desa Klabang sebagai desa Budaya (30/06)

Bondowoso, Sinar.co.id,- Dengan mengusung budaya “Totta’an Dara” atau pelepasan burung merpati, desa Klabang, kecamatan Tegalampel dicanangkan sebagai desa Budaya 2024 di kabupaten Bondowoso.

Pencanangan ini, diresmikan langsung oleh PJ Bupati Bondowoso dan difasilitasi oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bondowoso pada Minggu, (30/06/2024).

Totta’an Dara Sebagai Ikon Pencanangan Desa Klabang Sebagai Desa Budaya 2024

Disampaikan Kepala Disparbudpora Bondowoso, Mulyadi, pencanangan Desa budaya ini minimal 1 desa setiap tahun dan di tahun 2024 ini ada 7 nominasi untuk diajukan sebagai Desa budaya.

“Dari 7 nominasi itu, setelah kami tinjau, Alhamdulillah ternyata desa Klabang ini yang paling layak dikukuhkan,” katanya.

Baca Juga :   Destinasi Wisata Jember dan Mengenal Kejayaannya Sejak Kolonial

Kadisparbudpora menjelaskan, kriteria untuk menjadi Desa budaya itu pertama, harus mempunyai budaya yang memang dilaksanakan secara turun menurun artinya bisa dilestarikan di desa itu.

Dan khusus untuk desa Kelabang ini, ada satu budaya yaitu totta’an dara yang diikuti oleh tari-tarian dan juga musik kentongan.

“Untuk totta’an dara di desa Klabang ini, ada komunitas perkumpulan semacam arisan yang dilaksanakan 2 minggu sekali. Selain itu untuk budayanya yang disakralkan, dilaksanakan satu tahun sekali yaitu, pada waktu selamatan desa,” paparnya.

Baca Juga :   Traveloka Travel Fair Hadir di Kokas, Tawarkan Promo Tiket Luar Negeri

“Saya juga motivasi kepada desa yang lain untuk bisa melestarikan budaya Peninggalan nenek moyang kita. Karena, itu nantinya juga bisa dikenal oleh para penerus bangsa kita khususnya anak-anak,” tuturnya.

Masih Mulyadi, seperti di Kelabang ini nanti, sebisa mungkin akan kita perkenalkan dan promosikan bahwa, di sini ada budaya yang lestari yaitu, namanya budaya totta’an dara.

totta'an dara
Kadisparbudpora Bondowoso, Mulyadi SP, MM

Totta’an Dara Bagian Dari Ijen Geopark

Budaya di Kelabang ini, menurutnya, juga merupakan bagian dari Ijen Geopark yang salah satu di dalamnya, ada budaya yang sudah berjalan di desa Kelabang kecamatan Tegalampel.

Baca Juga :   Istri Sah Grebek Dugaan Perselingkuhan Sesama ASN di Bondowoso

“Nanti akan kami lakukan pembinaan lebih lanjut akan kami naikkan statusnya nanti untuk bisa menjadi sebuah wisata. Apalagi, di desa Kelabang ini ada beberapa view yang sangat menarik yaitu, view gunung purnama dan Gunung Putri yang berada di kanan kiri desa Kelabang ini,” pungkasnya.

https://www.tiktok.com/@sinar.co.id//

Ikuti update berita terbaru di Google News sinar.co.id


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page