Scroll untuk membaca artikel
Tradisional

Harapkan Bondowoso Tentram, Gelar Wayang Kulit Tonjolkan Tokoh Punta Dewa

846
×

Harapkan Bondowoso Tentram, Gelar Wayang Kulit Tonjolkan Tokoh Punta Dewa

Sebarkan artikel ini
Dalam Upaya sosialisasi gempur rokok ilegal, pihak Bea Cukai bersama Pemerintah Kabupaten Bondowoso gelar pertunjukan seni wayang kulit di Pendopo Kabupaten Bondowoso pada Sabtu, (2/12/2023).
Pemkab Serahkan cindera mata wayang kulit gunungan (02/12)

Bondowoso, Sinar.co.id,- Dalam Upaya sosialisasi gempur rokok ilegal, pihak Bea Cukai bersama Pemerintah Kabupaten Bondowoso gelar pertunjukan seni wayang kulit di Pendopo Kabupaten Bondowoso pada Sabtu, (2/12/2023).

Diketahui, wayang kulit dengan lakon “Bondowoso Pinuju Wahyu Katentreman” atau Bondowoso Menuju Petunjuk Ketentraman kali ini, dibawakan oleh dalang asal Kabupaten Blitar, Ki. Bambang Tribawono.

Harapkan Bondowoso Tentram, Gelar Wayang Kulit Tonjolkan Tokoh Punta Dewa

Dimana dalam pagelaran kali ini, sang Dalang menonjolkan tokoh utama pewayangan, Punta Dewa atau Yudistira yang termasuk dalam tokoh kebaikan dan merupakan saudara sulung dari pandawa lima.

Baca Juga :   FESTIVAL BLUG GEBLUG, REGENERASI BUDAYA LOKAL BERDIMENSI DAKWAH

Harapkan Bondowoso Tentram, Gelar Wayang Kulit Tonjolkan Tokoh Punta Dewa

Dalang Wayang Ki. Bambang Tribawono

“Prabu Punta Dewa ini, memiliki kejujuran hati yang putih dan bahkan, saat darahnya mengucur juga berwarna putih. Oleh sebab itu, diharapkan Bondowoso memiliki pemerintah dan rakyat yang putih jujur sehingga, mampu menciptakan ketentraman,” katanya.

Pria asal Kabupaten Blitar ini, juga menjabarkan jika pewayangan ini, sama halnya dengan para ulama’ yang menyampaikan tauladan dengan mensejarahkan kebaikan dan keburukan.

“Wayang itu sebetulnya berbicara dua hal, tentang kebaikan dan tidak kebaikan, bernorma dan tidak bernorma, tentang sehat dan tidak sehat dan sebagainya. Dua hal ini harus selaras dan dengan keselarasan, kita akan bisa menjaga dunia ini lebih damai,” tuturnya.

Baca Juga :   Amnesia Perlu Penanganan Serius Bisa Dengan Alternatif Tradisional 2023
Harapkan Bondowoso Tentram, Gelar Wayang Kulit Tonjolkan Tokoh Punta Dewa
Kasatpol PP Bondowoso, Slamet Yantoko

Sementara, disampaikan pengampu kegiatan, Kasatpol PP Bondowoso Slamet Yantoko jika, pagelaran wayang kulit ini merupakan giat tematik potensi seni yang memang sudah lama tidak digelar di Bumi Ki Ronggo ini.

“Dalam sosialisasi kali ini, kami menggunakan tematik, dimana, ada pengembangan seni budaya, olah raga maupun komunitas di dalamnya,” kata Slamet Yantoko.

Baca Juga :   Mata Minus/Plus Sembuh Dengan Melihat Kehijauan

Selain itu, menurutnya, terselenggaranya pagelaran beberapa seni termasuk wayang kulit ini merupakan masukan dari masyarakat bahwasannya di Bondowoso, sudah lama tidak diadakan kesenian wayang kulit.

“Kita semaksimal mungkin berupaya untuk bisa memfasilitasi semua kesenian yang atas kebutuhan masyarakat. Terlebih, ini merupakan wujud kecintaan kita terhadap tanah air beserta seluruh kebudayaan dan seni yang ada,” pungkasnya.

https://www.tiktok.com/@sinar.co.id//

Ikuti update berita terbaru di Google News sinar.co.id


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page