Scroll untuk membaca artikel
Artikel

Mengenal Sistem Pencernaan Mahluk Hidup

89
×

Mengenal Sistem Pencernaan Mahluk Hidup

Sebarkan artikel ini
Mengenal Sistem Pencernaan Mahluk Hidup

Mengenal Sistem Pencernaan Mahluk Hidup

sinar.co.id

Setiap yang hidup sangat bergantung dan tidak dapat lepas dari makanan yang dikonsumsi dan hal tersebut menjadi sumber energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Mengenal Sistem Pencernaan Mahluk Hidup

Makanan mempunyai berbagai fungsi bagi tubuh antara lain, pertumbuhan dan perkembangan, mengatur metabolisme tubuh, pertahanan tubuh terhadap penyakit dan lain sebagainya.

Namun, makanan yang dimakan oleh manusia maupun hewan harus dicerna terlebih dahulu agar menghasilkan zat-zat yang berguna bagi tubuh. Sistem itu lah yang disebut sistem pencernaan.

Lantas, apa itu pencernaan? Apa saja alat-alat pencernaan yang terdapat pada tubuh manusia? Untuk mengetahuinya, simak uraian lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Pencernaan?

Pencernaan adalah sebuah proses metabolisme yang terjadi pada makhluk hidup untuk mengubah zat secara kimia atau mekanik menjadi nutrisi.

Baca Juga: Babar Bersama Pengertian Hipertensi

Dikutib dari berbagai sumber, berdasarkan proses terjadinya, pencernaan makanan berlangsung dalam tiga cara yaitu,

1. Pencernaan Mekanik

Merupakan proses pencernaan yang mengubah makanan dari bentuk kasar menjadi bagian-bagian lebih sederhana. Jika semula ukurannya besar, setelah pencernaan mekanik, makanan menjadi berukuran lebih kecil dan halus. Pencernaan mekanik terjadi di dalam mulut, ketika makanan dikunyah dengan gigi.

Baca Juga :   Babar Bersama Pengertian Hipertensi

2. Pencernaan Kimiawi

Proses pencernaan yang mengubah makanan dengan bantuan zat tertentu menjadi zat-zat lebih sederhana. Zat yang dimaksud adalah enzim. Contohnya, makanan di dalam mulut diberi enzim ptialin dari air liur untuk mengubah zat tepung menjadi maltosa.

3. Pencernaan Biologis

Merupakan proses pencernaan yang mengubah makanan dengan bantuan mikroba atau bakteri pembusuk. Pencernaan biologis terjadi di usus besar, lalu dikeluarkan melalui anus.

Baca Juga: Pentingnya Reflektor Daya Fikir Manusia

Alat Pencernaan Manusia

Agar dapat berfungsi secara maksimal, sistem pencernaan dilengkapi dengan alat-alat pencernaan yang memiliki fungsi berbeda-beda. Berikut alat pencernaan manusia dikutip dari berbagai sumber

1. Mulut, Tenggorokan, dan Kerongkongan

Mulut adalah bagian awal dari sistem pencernaan. Mulut menjadi tempat pertama bagi makanan dan air masuk ke dalam tubuh.

Di dalam mulut terdapat gigi dan lidah yang ikut membantu proses pencernaan. Gigi berguna untuk mengunyah makanan, sedangkan lidah berfungsi sebagai indra pengecap dan membantu gigi mengunyah serta menelan makanan.

Baca Juga :   Keris Patrem Warisan Seni Budaya Indonesia Sejak 1 Masehi

Dari mulut, makanan lalu turun melalui tenggorokan dan kerongkongan. Kerongkongan (esofagus) merupakan saluran yang menghubungkan tenggorokan dengan lambung.

2. Lambung

Lambung adalah organ pencernaan yang berfungsi menghancurkan atau mencerna makanan yang ditelan serta menyerap sari atau nutrisi makanan yang penting bagi tubuh.

Lambung terdiri atas 3 bagian utama, yaitu fundus (bagian pangkal), kardiak, dan antrum (bagian bawah). Getah yang terdapat pada lambung mengandung beberapa zat yang penting bagi pencernaan, yakni HCl, pepsin, dan renin.

3. Usus Halus

Terletak di antara lambung dan usus besar, usus halus berfungsi untuk memecah dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman. Usus halus terdiri dari tiga bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum).

4. Pankreas

Pankreas memiliki fungsi menghasilkan enzim pencernaan serta beberapa hormone penting seperti insulin. Pankreas terletak pada bagian posterior perut dan berhubungan erat dengan duodenum (usus dua belas jari).

5. Hati

Sebagai alat ekskresi, hati juga berperan dalam sistem pencernaan. Pada pencernaan karbohidrat, hati berfungsi untuk menstabilkan kadar glukosa (gula darah).

Baca Juga :   Kaldera ljen Purba Lahirkan Si Bungsu Kawah Ijen Hingga, Legenda Darah Minak Jinggo

Saat kandungan gula darah dalam tubuh tinggi, hati akan menyaring gula dari darah dan menyimpannya sebagai cadangan energi dalam bentuk glikogen.

6. Kantung Empedu

Empedu memiliki dua fungsi penting, yaitu membantu pencernaan dan penyerapan lemak serta berperan dalam pembuangan limbah, terutama hemoglobin yang berasal dari penghancuran sel darah merah dan kelebihan kolesterol.

7. Usus Besar

Usus besar merupakan bagian terakhir dalam sistem pencernaan. Organ ini memiliki berbagai fungsi, seperti memproduksi antibodi dan mencegah infeksi, menyerap cairan dan vitamin, serta membentuk tinja.

8. Rektum dan Anus

Rektum adalah sebuah ruangan yang berawal dari ujung usus besar dan berakhir di anus. Sementara anus merupakan lubang di ujung saluran pencernaan, di mana limbah berupa tinja keluar dari tubuh sebagai hasil pencernaan makanan.

Nah itu saja untuk hari ini, semoga bermanfaat dan salam Sehat Selalu…!

Ikuti update berita terbaru di Google News sinar.co.id


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page