Scroll untuk membaca artikel
EkonomiHiburanPemerintahan

Masyarakat Tumpah Dalam Keterlibatan Pada Gelar Ijen Caldera Carnival 2023

478
×

Masyarakat Tumpah Dalam Keterlibatan Pada Gelar Ijen Caldera Carnival 2023

Sebarkan artikel ini
Ijen Caldera Carnival 2023, yang menempuh rute start dari lapangan Mandala desa Kalianyar dan finish di lapangan Hasanudin desa Kalisat pada Sabtu, (11/11/2023).

Bondowoso, Sinar.co.id,- Ratusan masyarakat kecamatan Ijen, kabupaten Bondowoso, ikuti pawai budaya Ijen Caldera Carnival 2023, yang menempuh rute start dari lapangan Mandala desa Kalianyar dan finish di lapangan Hasanudin desa Kalisat pada Sabtu, (11/11/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Disparbudpora Bondowoso, jajaran Forum Pimpinan Kecamatan, unsur pemerintahan desa dan unsur pimpinan PTPN 12 wilayah Ijen.

Masyarakat Tumpah Dalam Keterlibatan Pada Gelar Ijen Caldera Carnival 2023
Ijen Caldera Carnival 2023, yang menempuh rute start dari lapangan Mandala desa Kalianyar dan finish di lapangan Hasanudin desa Kalisat pada Sabtu, (11/11/2023).
(dari kiri red-) Direktur PTPN XII Jampit Heri Suciyoko, Kadisparbudpora Bondowoso Mulyadi SP,MM, Camat Ijen Edy Mulyono saat menyaksikan display peserta Carnival Ijen (11/11).

Dalam gelaran kali ini, tampak antusias masyarakat setempat yang terlihat bangga berjalan sepanjang rute menggunakan busana adat dengan menampilkan berbagai budaya.

Disampaikan Kadisparbudpora Bondowoso, Mulyadi SP, MM jika, gelaran kali ini sebagai upaya membangkitkan gairah perekonomian masyarakat di Ijen dan mempertahankan status Ijen Geopark dalam keanggotaan Unesco Global Geopark.

Baca Juga :   Kawasan Ijen Geopark Bukan Milik Banyuwangi Maupun Bondowoso

“Karena dampak positifnya (kebangkitan ekonomi) sudah terlihat terutama, pada banyaknya masyarakat yang terlibat pada peningkatan jumlah UMKM yang ada di area Ijen,” katanya.

Menurut Mulyadi yang menyampaikan arahan dari PJ Bupati Bondowoso jika, dalam kegiatan kali ini, pihak Disparbudpora diharapkan memaksimalkan keterlibatan masyarakat.

“Keterlibatannya baik salam gelar carnival maupun dalam pemberdayaan masyarakat melalui UMKM. Alhamdulillah, hari ini terbukti dengan membeludaknya masyarakat yang terlibaat,” ungkapnya.

Selain itu, menurutnya, dalam event kali ini pihak Disparbudpora juga memberikan sosialisasi untuk masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah yang bukan pada tempatnya.

Baca Juga :   Minat Perjalanan Luar Negeri Meningkat Nyaris Tiga Kali Lipat

“Alhamdulillah tampak di berbagai gakses geosite Ijen Geopark, sudah tampak bersih dari sampah. Ini sangat perlu mengingat kawasan Ijen saat ini, merupakan kawasan destinasi wisata Dunia sejak diakui oleh Unesco,” tuturnya.

Sementara, Camat Ijen Edi Mulyono menambahkan, ada ratusan peserta dalam gabungan beberapa kelompok yang ikut pada carnival dan banyak pula masyarakat utamanya pelaku UMKM yang turut serta dalam acara kali ini.

“Untuk tekhnis pendaftaran sebagai peserta carnival, sengaja kita gratiskan semata untuk memberikan semangat kepada masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga :   Bus Wisata Damri Jalur Ijen Bondowoso Sudah Laouching, Jauh Dekat Rp.27 Ribu

Disampaikan Edi Mulyono, adapun untuk peserta terdiri dari unsur pendidikan semua sekolah di Kecamatan Ijen dan unsur pemerintah desa yang menampilkan semua budaya di wilayah Ijen.

“Selain itu, juga ada peserta umum dari semua unsur lapisan masyarakat baik pekerja kebun dan segenap bapak ibu rumah tangga yang terlibat dalam kegiatan ini,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan carnival kali ini, tetap mengusung tema “Bumi lestari Bondowoso Sejahtera” sesuai dengan jargon Ijen Geopark yang sudah ada sebelumnya.

Ikuti update berita terbaru di Google News sinar.co.id


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page