Scroll untuk membaca artikel
DaerahKesehatanPemerintahan

Gubernur Jatim Bersama Pimpinan Bondowoso, Jember dan Situbondo JJS Bareng

684
×

Gubernur Jatim Bersama Pimpinan Bondowoso, Jember dan Situbondo JJS Bareng

Sebarkan artikel ini
Gubernur Jatim Bersama Pimpinan Bondowoso, Jember dan Situbondo JJS Bareng
(Dari kiri red-) PJ Bupati Bondowoso, Bupati Situbondo, Jember dan Khofifah Indar Parawansa...(05/11)

Jember, Sinar.co.id, Dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-78, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama ribuan masyarakat mengikuti jalan-jalan sehat (JJS) di depan Kantor Bakorwil V Jember pada Minggu, (5/11/2023).

Ribuan peserta JJS dilepas dengan pengibaran bendera start oleh Gubernur Khofifah didampingi Pj. Bupati Bondowoso, Bupati Jember, Bupati Situbondo, Ketua TP PKK Kab. Jember dan Kepala Bakorwil V Jember, Dirut Bank Jatim, dan Dirut BUMD Kab. Jember.

Gubernur Jatim Bersama Pimpinan Bondowoso, Jember dan Situbondo JJS Bareng
Dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-78, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama ribuan masyarakat mengikuti jalan-jalan sehat (JJS) di depan Kantor Bakorwil V Jember pada Minggu, (5/11/2023).
Gubernur Jatim Khofifah saat melepas ribuan peserta JJS

Ribuan peserta yang terdiri dari masyarakat umum dan pelajar tumpah ruah mengikuti kegiatan ini.

“Kita semua jalan sehat pagi ini, mari bersama-sama kita berangkatkan dengan membaca Basmalah, Bismillahirrahmanirrahim,” ucap Gubernur Khofifah.

Selanjutnya, Gubernur Khofifah turut serta mengikuti jalan sehat ini bersama ribuan masyarakat.

Bahkan, ia tak segan menyapa masyarakat dan melayani masyarakat yang meminta berswafoto dengan dirinya.

Atas besarnya animo dan antusias masyarakat mengikuti jalan sehat ini mendapatkan apresiasi dari Gubernur Khofifah.

Gubernur Jatim Bersama Pimpinan Bondowoso, Jember dan Situbondo JJS Bareng
melayani masyarakat yang meminta berswafoto dengan dirinya.

Menurutnya, gelaran seperti ini dapat menggerakkan energi positif dari setiap daerah. Sekaligus sebagai momentum mempererat silaturahmi.

“Jalan sehat ini menjadi upaya kita menggerakkan energi positif dari masing-masing daerah. Sekaligus ajang silaturahmi serta merupakan media membangun relasi sosial guyub rukun,” katanya.

“Semua elemen, semua usia hadir meramaikan serta memberikan dampak sehat seduluran,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah juga menekankan pentingnya menjaga kondusifitas Jawa Timur di tahun politik. Salah satunya dengan menguatkan semangat persaudaraan di antara seluruh elemen masyarakat, salah satunya melalui jalan sehat.

Baca Juga :   Tim Gabungan Penegak Perda Bondowoso Kembali Tertibkan APK Pelanggar 12/01

“Di tahun politik, seduluran harus dibangun sekuat-kuatnya salah satunya melalui jalan sehat,” katanya.

Seperti diketahui, jalan sehat yang digelar Bakorwil Jember ini menempuh jarak 2,4 km. Diawali dari depan kantor Bakorwil V Jember lalu menuju gerbang Universitas Negeri Jember – UNEJ Medical Center – Fakultas Pertanian – Fakultas Ilmu Komputer – Masjid Al Hikmah komplek UNEJ dan berakhir di Bakorwil V Jember.

Berbagai doorprize disediakan untuk menarik minat masyarakat dan menyemarakkan jalan sehat ini. Diantaranya 3 unit sepeda motor, 4 unit sepeda gunung, 1 unit lemari es 2 pintu, 2 unit lemari es 1 pintu dan 131 unit hadiah hiburan lainnya.

Hal berbeda tampak dalam gelaran jalan sehat Bakorwil V Jember. Yaitu, adanya pameran bonsai dan tanaman hias yang digelar mulai 5-7 November 2023. Sebanyak 98 bonsai dan berbagai macam tanaman hias dipamerkan disini.

Jalan sehat di Bakorwil V Jember ini juga diramaikan dengan operasi pasar murah, bazar UMKM dan layanan masyarakat. Usai jalan sehat, Gubernur Khofifah meninjau operasi pasar murah yang merupakan titik ke 44, dan bazar UMKM.

Dalam operasi pasar ini disediakan sejumlah kebutuhan pokok yang dijual dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET). Operasi pasar murah disediakan kebutuhan pokok yang dijual di bawah Harga Eceran Tertinggi.

Di antaranya beras medium dengan harga Rp. 10.200/kg sejumlah 10 ton, minyak goreng minyakita dengan harga Rp. 13.000/liter sejumlah 1.800 liter, gula pasir seharga Rp. 13.000/kg disediakan 250 kg, kemudian telur ayam ras dengan harga Rp. 22.000/kg tersedia 100 kg.

Baca Juga :   Salwa Arifin Dikirab Ribuan Relawan Hantar Purna Tugas Sebagai Bupati Bondowoso

Sebagai informasi harga beberapa bahan pokok tersebut di Jember per 4 November 2023 adalah sebagai berikut beras Rp. 10.860/kg HET Rp. 10.900/kg, minyak goreng Rp. 14.700/liter HET Rp. 14.000/liter, gula pasir Rp. 15.300/kg HET Rp. 14.500/kg, dan telur ayam ras Rp. 23.900/kg HET Rp. 27.000/kg.

Secara khusus, Gubernur Khofifah juga ikut membagikan telur kepada ibu hamil serta yang membawa anak kecil. Masing-masing dari mereka mendapat telur 1 kg. Di kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah juga ikut menyerahkan zakat produktif berupa uang Rp 500.000 dan sembako kepada 100 pelaku usaha ultra mikro.

Sebanyak 25 stand bazar juga turut memeriahkan jalan sehat yang menjual berbagai macam produk, mulai dari pakaian, makanan dan minuman kerajinan tangan, batik, produk eco-print serta berbagai produk oleh-oleh khas Jember.

Juga tampak beberapa stand dari masing-masing kabupaten yang ada dalam koordinasi Bakorwil V Jember seperti Pemkab. Jember, Pemkab. Situbondo, Pemkab. Lumajang, Pemkab. Probolinggo, Pemkot Probolinggo, Pemkab. Bondowoso dan Pemkab. Banyuwangi.

Adapula beberapa stand layanan masyarakat seperti layanan kesehatan, layanan konsultasi listrik hingga layanan konsultasi hukum.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur Khofifah di Jember. Ia mengatakan Jember bisa seperti saat ini karena mendapat support luar biasa dari Gubernur Khofifah.

Baca Juga :   Sekda Bondowoso Mengaku Diancam, Siapakah yang Mengancam?

“Jember bisa begini karena Ibu Gubernur kita yang kita cintai ini. Terima kasih Ibu Gubernur, masyarakat Jember terus mendoakan Ibu terus sehat, terus sukses, dan barokah untuk kita semua,” ungkap Hendy.

Di sisi lain, salah satu peserta jalan sehat yakni Shanti (44 tahun) asal Kab Jember mengaku sangat senang dan bersemangat mengikuti Jalan Sehat. Apalagi bisa ketemu dengan Gubernur Khofifah. Ia juga bersyukur atas terselenggaranya operasi pasar murah di Bakorwil Jember. Sebab, harga sembako yang dijual di pasar murah ini jauh lebih murah dari harga pasaran.

“Alhamdulillah hari ini bisa jalan sehat di sini. Banyak sekali doorprizenya, bisa ketemu Ibu Gubernur juga. Kemudian ada juga pasar murah disini dengan harga terjangkau. Jadi saya bisa terus melanjutkan usaha sekaligus menyisihkan uangnya untuk kebutuhan lain. Terima kasih Ibu Gubernur Khofifah,” ungkapnya bahagia.

Pada kesempatan yang sama, Windi (20 tahun) mahasiswa UNEJ asal Mojokerto yang hadir bersama beberapa temannya mengaku senang mengikuti jalan sehat ini. Apalagi kuliahnya sedang libur sekaligus ingin melihat pameran bonsai di Bakorwil V Jember. Ia berharap bisa berswafoto dengan Gubernur Khofifah dan mendapatkan doorprize yang disediakan.

“Hari Minggu kuliah libur, biar nggak bosan ikut jalan sehat. Saya juga ingin lihat pameran bonsai dan tanaman hias juga, syukur-syukur dapat doorprize atau bisa foto sama Ibu Gubernur” pungkasnya.

Ikuti update berita terbaru di Google News sinar.co.id


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page